Senin, 17 Januari 2011

Sepatu dari A – Z


Sepatu dari A – Z

*) Ankle Boots
        Sepatu boots dengan tinggi semata kaki.

*) Ankle Strap
             Tali yang berada diikatkan di sekeliling mata kaki, terbuat dari berbagai material mulai kulit hingga pita. Biasanya ankle stap hadir dalam bentuk sepatu pesta dengan hak runcing (stiletto)

*) Ballet shoes
     Sepatu berhak datar yang terinspirasi dari sepatu ballerina, mirip slipper namun dengan bentuk yang lebih manis. Beberapa koleksi memiliki karet di bagian tumit.

*) Espadrilles
Sepatu ringan yang biasanya terbuat dari kanvas atau kain dengan sol dari rami, fiber atau karet.

*) French Heel
     Jenis hak lengkung dengan tinggi medium. Sepatu dengan French heel pertama kali diperkenalkan oleh Raja Prancis Louis XIV yyang kurang percaya diri dengan tinggi badannya.

*) Kitten Heel
     Jenis hak pendek dengan tinggi tidak lebih dari 1,5 inci. Biasanya hadir dalam desain sepatu yang manis dan feminin serta cocok digunakan dalam berbagai kesempatan.

*) Marry Jane
     Jenis sepatu ala anak asrama, bergaya preppy dengan ujung berbentuk bulat atau sedikit kotak dan berhak rendah. Mary Jane mudah dikenal dari tali yang melintang dibagian tengah sepatu. Saat ini Mary Jane hadir dalam berbagai gaya, mulai platform hingga hak yang lebih tinggi.

*) Mule
     Alas kaki skip on yang hanya tertutup dibagian depan. Hadir dalam berbagai varian hak.

*) Pump
             Jenis sepatu yang paling sering ditemui di kalangan wanita karier. Tertutup dibagian deepan dan belakang dengan ujung menajam dan hadir dalam berbagai varian hak. Adapun pump dengan bagian tengah dipotong untuk kesan yang lebih seksi dan glamor disebut d’Orsay.

*) Peep-Toe
        Sepatu dengan ujung terbuka, memperlihatkan ujung ibu jari dan jari tengah kaki. Ujungnya bisa berbentuk bulat atau kotak, hadir dalam varian hak atau berbentuk wedges.

*) Platform
Sepatu dengan sol tebal dibagian depan. Haknya bisa berbentuk stiletto, chunky, ataupun tapered. Tapi pada era 70-an, platform kerap dikombinasikan deengan wedge.

*) Sling-Back
Sepatu dengan tali menyilang yang diikat di mata kaki. Biasanya identik dengan sepatu pesta dan memiliki hak stiletto.

*) Stacked Heel
 Hak sepatu dari kayu.

*) Stiletto
     Bentuk hak tinggi yang ramping dan runcing. Sangat femininedengan tinggi bisa mencapai enam inci. Disebut juga skyscraper shoe.

*) T-BarShoe
     Mirip Mary Jane, namun dengan strap yang lebih tebal dan berbentuk serupa huruf T.

*) Wedges
Hak sepatu tebal yang menyambung dari depan hingga ke belakang sepatu. Tingginya bervariasi dari rendah seperti kitten heel arau justru ekstratinggi seperti platform wedges.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar